Budidaya Porang Ciptakan Lapangan Kerja dan Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Hutan

Budidaya Porang Ciptakan Lapangan Kerja dan Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Hutan
Budidaya Porang sangat prospektif, Ciptakan Lapangan Kerja dan Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Hutan

MAJALENGKA - Tanaman Porang pada saat ini  menjadi trend. Perhutani Majalengka bersama CV Karomah Jaya Mandiri  dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Tanjung Wiru desa Mekarmulya kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka tandatangani kerjasama.

Penandatanganan Kerjasama Budidaya tanaman porang  di laksanakan dI Kantor Perhutani Majalengka pada hari Jumat tanggal 30 April   2021. Kegiatan tersebut di dipimpin Administratur/KKPH Majalengka Andi Mulya, dari CV Karomah Jaya Mandiri Momo Sutarma dan ketua LMDH Tanjung Wiru Dadang. 

Budidaya tanaman porang ditanam dikawasan hutan BKPH Cibenda wilayah administratip desa Mekarmulya kecamatan Kertajati kabupaten Majalengka. Penanaman tahap awal seluas 20 Ha petak 25 RPH Sukaya BKPH Cibenda KPH Majalengka.

Maksud penandatanganan ini adalah dalam rangka optimalisasi fungsi dan manfaat kawasan hutan. Kegiatan budidaya penanaman porang dibawah tegakan jati bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab dan peran Para Pihak terhadap keberlanjutan fungsi dan manfaat sumber daya hutan serta menselaraskan kegiatan pengelolaan Sumber daya hutan dengan pembangunan wilayah desa hutan sesuai dinamikan sosial masyarakat desa hutan.

Saat diwawancarai jurnalis indonesia satu, Administratur Perhutani Majalengka Ir Andi Mulya menyampaikan, "semoga kerjasama budidaya ini akan meningkatkan pendapatan bagi penghasilan Perhutani selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan tentunya Investor sebagai pemilik modal budidaya mendapatkan untung dari hasil kerjasama, juga berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat desa Mekarmulya dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan" katanya.

Andi menambahkan " Dengan adanya input sharing yang diberikan dari investor juga pelibatan tenaga kerja yang akan berdampak pada tingkat kesejahteraan masyarakat sekitar hutan, kami berharap hak dan kewajiban para pihak kita sepakati dan kita patuhi bersama" imbuhnya.

Sementara itu Momo Sutarma  dari CV. Karomah Jaya Mandiri  mengharapakan kerjasama dengan Perum Perhutani ini dalam budidaya tanaman porang bisa memperoleh keuntungan.

" Selain para pihak juga dapat meningkatkan pendapatan, kegiatan budidaya tanaman porang ini berdampak  dalam menciptakan lapangan pekerjaan yaitu tenaga kerja masyarakat sekitar hutan dilibatkan baik dari prosess penanaman sampai dengan panen" ujar Momo.

" Pemasaran porang saat ini sangat menjanjikan dan prospek pemasaran ekspor porang ini masih relatip rendah dibanding kebutuhan porang dunia, kami mengajak kesemua pihak jangan ragu untuk menanam porang, pihak kami siap menampung dan membeli produk porang baik umbi maupun katak, kami berharap pabrik porang nanti bisa didirikan di Majalengka karena porang Majalengka di kenal sebagai pemasok umbi Porang ke Jawa Timur "  pungkasnya.( AW / Nang Surya)

MAJALENGKA MEKARMULYA JAWA BARAT
Nanang Suryana Saputra

Nanang Suryana Saputra

Previous Article

Sekjen OIC Youth Indonesia : Presiden Jangan...

Next Article

Pangandaran Regency Government Continue...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 242

Postingan Tahun ini: 1274

Registered: Feb 19, 2021

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 215

Postingan Tahun ini: 1335

Registered: Sep 22, 2020

salehwagidi

salehwagidi

Postingan Bulan ini: 144

Postingan Tahun ini: 260

Registered: Apr 16, 2021

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 141

Postingan Tahun ini: 764

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Widian.

Oknum Kepala Sekolah SD di Toraja Utara, Diduga Cabuli 3 Muridnya
Tak Pernah Pegang Kartu ATM, Bansos PKH Diduga Dicairkan Pengurus
Orang Tua Korban Pemukulan di Nagori Sihaporas Akui Buat Laporan Palsu Ke Polres Simalungun Karna Disuruh
Beredar Kabar Ombas Bakal Ubah RSUD Pongtiku, Yunus Garaga: Yang Penting  Sudah Milik Pemda
banner

Follow Us

Recommended Posts

Telat Bayar, Oknum Debt Colektor BFI Finance Kota Bogor Ancam Konsumen 
IKKPAS  Minta Ade Yasin Klarifikasi Pernyataannya Guna Meredam Polemik
Dua Lelang Proyek di Satker DPUPR Tanpa Nama Paket Pekerjaan Dipertanyakan
Akhirnya Jalan Berlubang Cemplang - Ciasmara Kab Bogor Diperbaiki 
Pimred Media Online di Simalungun Tewas Diduga Diterjang Peluru Orang Tak Dikenal