KPKers Timor Leste Kembali Ajarkan Literasi kepada Generasi Muda

KPKers Timor Leste Kembali Ajarkan Literasi kepada Generasi Muda
Para peserta kursus literasi dasar yang diselenggarakan oleh Komunitas Penulis Kreatif (KPKers) Timor Leste (Sumber: Devinarti Seixas)

Dili, Timor Leste - Komunitas Penulis Kreatif Timor Leste atau biasa disebut KPKers Timor Leste telah memulai kegiatan pengajaran Literasi Dasar (Konsep Kepenulisan) dalam bahasa Indonesia. Ini merupakan pengajaran literasi berbahasa Indonesia tahap ke-2 yang dilaksanakan oleh KPKers Timor Leste di bumi Lorosae. Kegiatan ini berlangsung di Sekretariat  KPKers Timor Leste, Becora, Dili. Kamis (13/01 /2022).

Pada kesempatan tersebut pendiri KPKers Timor Leste, Devinarti Seixas telah kembali mengajar para peserta kursus. Materi yang diberikan meliputi Literasi Dasar (Konsep Kepenulisan). Sebelumnya, pada 12 April 2019 kegiatan ini sudah pernah dilakukan terhadap generasi muda Timor Leste. Namun, aktivitas positif tersebut sempat terhenti selama dua tahun akibat dampak dari adanya pandemi covid-19. Kegiatan ini bisa berlangsung kembali sejak akhir 2021 sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh pemerintahan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pengajaran literasi berbahasa Indonesia tahap ke-1 sudah berlangsung akhir 2021 kemarin yang diikuti oleh peserta dari berbagai wilayah. Akhirnya peserta kursus Literasi Dasar tahap ke-1 yang lulus ujian dari beberapa tempat sumber belajar seperti Becusi Bawah, Asrama Yatim Piatu, Kelas Pusat Budaya Indonesia (PBI) Dili, dan kelas Online sebanyak 123 orang. Mereka semua memperoleh sertifikat dari KPKers Timor Leste.

Selain penerimaan sertifikat ada empat peserta kursus yang meraih nilai terbaik dan berhak mendapat beasiswa dari KPKers Timor Leste. Mereka yang beruntung adalah tiga orang dari UNTL dan satu orang dari UNDIL.

Hari ini pengajaran telah di mulai kembali untuk tahap ke-2. Peserta Kursus ada yang berasal dari kalangan akademisi seperti mahasiswa dari Universitas Nasional Timor Leste (UNTL), Universidade Dili (UNDIL), serta beberapa generasi muda lainnya yang hanya tamatan Sekolah Menengah Umum (SMU).

Dalam pertemuan pertama para peserta masih belajar Literasi Dasar yang nantinya akan dilanjutkan dengan Konsep Kepenulisan Lanjutan. Banyak generasi muda yang belum mengerti apa itu pengertian literasi. Namun, setelah mereka mengikuti kelas, secara perlahan mulai memahaminya.

Pada kesempatan pertama, pendiri sekaligus direktur Komunitas Penulis Kreatif Timor Leste, Devinarti Seixas menjelaskan pemahaman umum tentang makna literasi itu sendiri,  sebelum masuk pada konsep penulisan.

“Pada dasarnya, literasi itu mengulas tentang orang yang sedang belajar. Secara etimologis, literasi berasal dari bahasa Latin yang di sebut “literatus” yang artinya orang yang belajar. Jadi literasi merujuk pada kemampuan seseorang dalam kegiatan membaca, menulis, berbicara, dan menghitung, serta memahami informasi dalam mengatasi masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian literasi tidak bisa lepas dari kemampuan berbahasa, ” pungkas Devinarti Seixas dengan ramah. (JH)

***  

Editor: JHK

KPKers Timor Leste Dili Literasi Komunitas Penulis Kreatif UNDIL UNTL
Jumari Haryadi

Jumari Haryadi

Previous Article

Nusawiru, Sodongkopo, Sinjangkalang Atau...

Next Article

Senin Depan Biskita Trans Pakuan di Kota...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 179

Postingan Tahun ini: 179

Registered: Jul 16, 2020

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 156

Postingan Tahun ini: 156

Registered: May 25, 2021

Muh. Ahkam Jayadi

Muh. Ahkam Jayadi verified

Postingan Bulan ini: 115

Postingan Tahun ini: 115

Registered: Aug 19, 2021

Nanang suryana saputra

Nanang suryana saputra

Postingan Bulan ini: 107

Postingan Tahun ini: 107

Registered: Jul 10, 2020

Profle

soniyoner

Empat Rumah Warga Kampung Lubuk Begalung kecamatan Lengayang Dipagar Kawat Berduri Oleh warganya sendiri.
Lempar Petugas Patroli Saat Malam Pergantian Tahun, Dua Pemuda di Nagekeo Diamankan
Sehari Usai Dilantik, Kades Pappalluang Ditahan di Polres Jeneponto, Begini Kasusnya
Baru Seminggu Menjabat, Kapolres Tanah Datar Ringkus 6 Pelaku Penyalahgunaan Narkoba

Follow Us

Recommended Posts

Pemerintah Daerah Sambut Baik Investor Kerjasama Bangun Kabupaten Bogor
Kasal Hadiri Perayaan Natal  Bersama Umat Kristiani di Gereja Santo Yakobus
Dandim 0608/Cianjur Ikut Suntik Vaksin Booster bersama Forkopimda  
Program Samisade Mampu Tuntaskan 45 Desa Tertinggal di Kabupaten Bogor
Berkat Program Samisade Perekonomian Masyarakat Cariu Meningkat dan Pariwisata Bangkit