Sekitar 3000 Bayi Lobster Hasil Temuan Dilepasliarkan di Laut Pangandaran

    Sekitar 3000 Bayi Lobster Hasil Temuan  Dilepasliarkan di Laut Pangandaran

    PANGANDARAN JAWA BARAT - Ada sekitar 3000 ekor bayi lobster tak bertuan, hasil temuan, kembali dilepasliarkan ke laut Pangandaran, " kata Komandan Pos TNI angkatan laut pangandaran Kapten Laut Toto Sukamto, kepada beberapa wartawan, di pantai barat pangandaran, Kamis 15/04/2021.

    Satuan Pol Air yang terlibat dalam pelepasliaran Bening Benih Lobstet ( BBL)

    dipimpin oleh Kasat Pol Air Polres Ciamis AKP Sugianto beserta 4 anggota Pol Air Polres Ciamis diikuti oleh Anggota TNI AL Pos Angkatan Laut Pangandaran, Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKPKP dan Satpol PP Pangandaran, Kepala Bidang Tangkap PSDKP Pangandaran, Wakil Ketua HNSI Pangandaran, Ketua Jaga Lembur Kabupaten Pangandaran dan Pokmaswas Pangandaran yang tergabung dalam Tim Terpadu Pengamanan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kab Pangandaran.

    Dikatakan Toto bahwa, tim terpadu telah menyita ribuan ekor BBL dari pelaksanaan penertiban penangkapan BBL  tak bertuan alias tidak ada pemiliknya.

    BBL tersebut sudah dikemas menggunakan plastik, yang kemudian kami lepasliarkan di wilayah batu mandi pantai pantai barat Pangandaran dengan menggunakan rubber boat, " katanya.

    Ditempat yang sama, Kasat Pol Air Polres Ciamis AKP Sugianto mengatakan, keikutsertaan anggota Sat Pol Air Polres Ciamis itu adalah sebagai bentuk kepedulian Polri dalam menjaga ekosistem bawah laut agar tidak punah.

    Selain itu juga sebagai bentuk sinergitas Polri bersama instansi terkait lainnya seperti TNI, Pemerintah dan warga masyarakat dalam menjaga kamtibmas di wilayah perairan laut Pangandaran.

    Disini kami bersama TNI AL dan Kementerian Kelautan dan Perikananan, dalam hal ini Bidang Perikanan Tangkap DKPKP Pangandaran, Bidang Tangkap PSDKP Pangandaran, serta Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia wilayah Kabupaten Pangandaran melepaskan 3.000 BBL 

    ke habitatnya, Ini sebagai bentuk kepedulian kami menjaga ekosistem bawah laut, " kata  Sugianto.

    BBL yang kami lepasliarkan adalah hasil dari kegiatan penyelidikan terhadap kegiatan penangkapan dan atau penjualan BBL

    di wilayah

    perairan laut 

    Muara Gatah Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran, " tambahnya.

    Sugianto menghimbau agar para nelayan ataupun warga masyarakat supaya  patuh dan taat terhadap peraturan yang tidak memperbolehkan menangkap dan atau menjual BBL. 

    Kenapa, lanjut Sugianto, ya karena dapat mengganggu ekosistem biota laut, yang nantinya akan menjadikan kepunahan terhadap lobster. 

    Kami minta peran serta warga masyarakat khususnya di Pesisir Pantai Pangandaran untuk bersama-sama menjaga ekosistem bawah laut.

    Hentikan penangkapan dan jual beli BBL, jangan ganggu, dan biarkan alam sendiri yang menseleksinya, insya alloh

    generasi kita selanjutnya yang nanti dapat merasakan kekayaan laut pangandaran, ya, salah satunya lobster, " ujarnya. (Anton AS

    Pangandaran jawa barat
    Anton Atong Sugandhi

    Anton Atong Sugandhi

    Artikel Sebelumnya

    Penerima Elpiji 3Kg Harus Ada Akurasi Data...

    Artikel Berikutnya

    Terkait Proyek Jalan Tol Semarang-Batang,...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Antisipasi Kerawanan Di Malam Hari Patroli Polsek Ciwaringin Dialogis Di Kantor Bank BRI Ciwaringin
    Laksanakan Patroli dialogis Polsek kaliwedi Polresta Cirebon warga Desa Prajawunangun kulon Dalam Rangka Operasi Jaran Lodaya 2024
    Kanit Binmas Polsek Dukupuntang Hadiri Pelepasan Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 1 Dukupuntang Tahun Ajaran 2023/2024
    Personil Polsek Waled melaksanakan pengaturan pagi berikan kelancaran kepada pelajar serta masyarakat pengguna jalan.
    sinergitas Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Kempek laksanakan monitoring penyaluran bantuan PBP (Penerima Bantua Pangan) Tahun 2024

    Ikuti Kami