Direktur Bank Sampah BERSIH LESTARI: Jaga dan Lindungi Lingkungan Dengan Bijak, Karena Sampahmu Tanggung Jawabku

PANGANDARAN - Kabupaten Pangandaran sebagai Kota Pariwisata pantai  tentunya tidak lepas dengan persoalan Sampah, pada libur akhir pekan atau weekend bisa puluhan ton sampah tercecer karena ulah manusia yang belum sadar membuang sampah pada tempatnya, di tambah kiriman sampah dari sungai sehingga membuat pantai menjadi Kotor.

Menyikapi permasalahan sampah bukan hanya kewajiban pihak pemerintah saja, akan tetapi harus ada kesadaran dan kepedulian kita sebagai masyarakat pada lingkungan, dan menjadi kewajiban pemerintah dalam hal pengadaan sarana dan prasarana yang cukup, sehingga penanganan  sampah akan terkelola dengan baik dan sampah tidak menimbulkan masalah yang mengakibatkan pencemaran lingkungan, demikian di katakan Atet Wiyono Direktur Bank Sampah BERSIH LESTARI di kantornya Dusun Banjar Waru Desa Limus Gede Kecamatan Cimerak Kabupaten Ciamis pada Media Indonesia Satu Group, pada Jumat ( 14/1/2022).

Lebih lanjut Atet menjelaskan terkait Kegiatannya, " Kami Bank Sampah BERSIH LESTARI melakukan kegiatan ini berdasarkan panggilan jiiwa, Kami besama rekan-rekan dari berbagai profesi, ada petani, pedagang, ASN bahkan dari kaum Difabel pun ada di kelompok kami, berkat koordinasi kami yang solid dengan PPK dan Karangtaruna, kini kami mempunyai 25 nasabah " ungkap Atet.

" Kelembagaan Bank Sampah Bersih Lestari terbentuk atas bimbingan dan motivasi Bank Sampah induk ( BSI ) SAHATE Kabupaten Pangandaran. Sampai saat ini kami belum bisa memberikan gaji atau honor kepada 13 orang Crew Bank Sampah karena permodalan belum cukup dan belum ada penyertaan modal dari pemerintah  sehingga semua bekerja dengan sukarela " ujar Atet.

" Kami pun sangat berterimakasih kepada Pihak Pemerintah Desa Limus Gede, terutama pa Kades Asep Saefudin yang telah memberikan arahan dan bimbingan serta memberikan tempat sebagai sekretariat Bank Sampah Bersih Lestari , sehingga kami mempunyai kantor" ujar Atet.

Sementara Asep Saefudin selaku Kepala Desa Limus Gede ketika konfirmasi membenarkan bahwa sampai sekarang Bank Sampah Bersih Lestari belum dapat penyertaan modal dari pihak pemerintah.

" Benar yang dikatakan Sdr. Atet, sampai saat ini pihak Pemerintah Desa Limus Gede belum bisa memberikan modal karena keterbatasan anggaran" ujar Asep.

" Insyaallah ke depan akan kami usulkan dan Alokasikan dana penyertaan untuk Pengelolaan Bank Sampah, bisa saja bekerjasama dengan BUMDES dan pengelola Pasar " tandasnya.

" Kami sangat apresiasi dengan adanya Bank Sampah Bersih Lestari, dan berharap semua masyarakat semakin sadar terhadap permasalahan sampah dan dampaknya pada lingkungan, semoga dengan berdirinya Bank Sampah ini bisa mengedukasi warga , lebih jauh dapat meningkatkan pemberdayaan dan perekonomian Masyarakat " pungkas asep.( Nang Surya)

BANDUNG BANTEN CIAMIS MAJALENGKA BANJAR PANGANDARAN SUKABUMI GARUT CIREBON WISATA
Nanang suryana saputra

Nanang suryana saputra

Previous Article

Senin Depan Biskita Trans Pakuan di Kota...

Next Article

Danrem 061/SK Resmikan Rumah Dinas Dandim...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 178

Postingan Tahun ini: 178

Registered: Jul 16, 2020

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 156

Postingan Tahun ini: 156

Registered: May 25, 2021

Muh. Ahkam Jayadi

Muh. Ahkam Jayadi verified

Postingan Bulan ini: 115

Postingan Tahun ini: 115

Registered: Aug 19, 2021

Nanang suryana saputra

Nanang suryana saputra

Postingan Bulan ini: 107

Postingan Tahun ini: 107

Registered: Jul 10, 2020

Profle

soniyoner

Empat Rumah Warga Kampung Lubuk Begalung kecamatan Lengayang Dipagar Kawat Berduri Oleh warganya sendiri.
Lempar Petugas Patroli Saat Malam Pergantian Tahun, Dua Pemuda di Nagekeo Diamankan
Sehari Usai Dilantik, Kades Pappalluang Ditahan di Polres Jeneponto, Begini Kasusnya
Baru Seminggu Menjabat, Kapolres Tanah Datar Ringkus 6 Pelaku Penyalahgunaan Narkoba

Follow Us

Recommended Posts

Dandim 0608/Cianjur Ikut Suntik Vaksin Booster bersama Forkopimda  
Kasal Hadiri Perayaan Natal  Bersama Umat Kristiani di Gereja Santo Yakobus
Kemendikbudristek: Sebanyak 293.848 Guru Honorer Segera Diangkat Jadi Pegawai PPPK
Program Samisade Mampu Tuntaskan 45 Desa Tertinggal di Kabupaten Bogor
Berkat Program Samisade Perekonomian Masyarakat Cariu Meningkat dan Pariwisata Bangkit