Pemprov Jabar Loloskan 2 pemuda, Latih Budidaya Ikan 

Pemprov Jabar Loloskan 2 pemuda, Latih Budidaya Ikan 

KAB. CIANJUR - Pembudidaya Ikan Milenial (PIM) yang merupakan bagian dalam program Petani Milenial di bidang perikanan terus berproses. Saat ini para peserta program sedang menjalani berbagai sesi latihan menjadi pembudidaya ikan. Salah satunya adalah Rian Iskandar.

Setelah dinyatakan lolos, Rian langsung mengikuti berbagai pelatihan, mulai dari membangun sistem bioflok sampai pemberian pakan ikan.

Menurut Rian, pelatihan yang diberikan terarah dan selaras dengan kebutuhan. Semua materi yang diajarkan pun dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya sebagai pembudidaya ikan, serta berguna untuk masa depan.

"Setelah peluncuran PIM, kami langsung terjun ke lapangan. Melihat proses pembudidayaan dan mengimplementasikannya. Mulai dari pemilihan ikan dari air tanah, lalu ke kolam karantina, sampai ikan ditebar ke bioflok, " kata Rian, Rabu (2/6/2021). 

Rian sendiri menjadi satu dari 10 peserta PIM yang membudidayakan ikan nila di 60 bioflok di PSDKP WS Ciherang, Kabupaten Cianjur. Ia menuturkan, selain mendapatkan pelatihan, dirinya bisa memperluas jaringan untuk membuka lapangan kerja sebagai pembudidaya ikan. 

"Motivasi saya sebenarnya ingin belajar karena di sini anak-anak (peserta PIM) memiliki latar belakang berbeda. Kita sama-sama berbagi dan dapat ilmu, kita juga bisa memperluas jaringan, " ucapnya. 

"Untuk kedepannya, saya berharap dapat membuka bisnis sebagai pembudidaya ikan. Bisa buka lapangan kerja yang lebih luas. Apalagi di sini, saya mendapatkan pengalaman yang luar biasa, " imbuhnya. 

Hal senada dikatakan Rizki Fadilah. Sebagai peserta PIM, ia berkeinginan membuka lapangan kerja seluas-luasnya di kampungan halamannya di Kabupaten Ciamis, dan menjadi role model bagi pemuda Jabar yang berminat membudidayakan ikan. 

"Saya ingin menjadi pembudidaya yang tangguh, yang terampil, dan menjadi contoh bagi pembudidaya-pembudidaya muda agar semangat sekaligus memberikan warna bagi sektor perikanan di Jabar, " ucap Rizki. 

Rizki pun mengatakan, dukungan dari Pemda Provinsi Jabar, mulai dari fasilitasi lahan, penyiapan kolam bioflok, benih ikan, mes, sampai pelatihan, dapat memicu dirinya dan rekan-rekannya untuk terus belajar menjadi pembudidaya ikan yang sukses. 

"Setelah mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang banyak, saya ingin kembali ke desa dan menerapkan budidaya ikan dengan bioflok di sana. Dan membuka lapangan kerja, " katanya. ( FERI)

JABAR Cianjur
Feri

Feri

Previous Article

Iding  Pol PP Leuwiliang : Bangkit Bersama...

Next Article

Petani Milenial Ikuti Pelatihan Budidaya...

Related Posts

Isra Mi’raj

Isra Mi’raj

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 242

Postingan Tahun ini: 1274

Registered: Feb 19, 2021

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 215

Postingan Tahun ini: 1335

Registered: Sep 22, 2020

salehwagidi

salehwagidi

Postingan Bulan ini: 144

Postingan Tahun ini: 260

Registered: Apr 16, 2021

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 141

Postingan Tahun ini: 764

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Widian.

Oknum Kepala Sekolah SD di Toraja Utara, Diduga Cabuli 3 Muridnya
Tak Pernah Pegang Kartu ATM, Bansos PKH Diduga Dicairkan Pengurus
Orang Tua Korban Pemukulan di Nagori Sihaporas Akui Buat Laporan Palsu Ke Polres Simalungun Karna Disuruh
Beredar Kabar Ombas Bakal Ubah RSUD Pongtiku, Yunus Garaga: Yang Penting  Sudah Milik Pemda
banner

Follow Us

Recommended Posts

Telat Bayar, Oknum Debt Colektor BFI Finance Kota Bogor Ancam Konsumen 
IKKPAS  Minta Ade Yasin Klarifikasi Pernyataannya Guna Meredam Polemik
Dua Lelang Proyek di Satker DPUPR Tanpa Nama Paket Pekerjaan Dipertanyakan
Akhirnya Jalan Berlubang Cemplang - Ciasmara Kab Bogor Diperbaiki 
Pimred Media Online di Simalungun Tewas Diduga Diterjang Peluru Orang Tak Dikenal