Elektabilitas Partai Demokrat Salip Gerinda dan Golkar, AHY Dianggap Merakyat

Elektabilitas Partai Demokrat Salip Gerinda dan Golkar, AHY Dianggap Merakyat
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ( Dok. Ayojakarta.com

JABAR - Elektabilitas Partai Demokrat bertengger pada angka 11, 2%, berada di posisi kedua setelah PDIP dengan elektabilitas 24%. Sementara itu Partai Gerindra berada di posisi ketiga dengan elektablitas 9% dan Partai Golkar dengan elektabilitas 7, 4%.

Ini merupakan hasil survei Lembaga Pendidikan, Penelitian, Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) pada periode 8-15 April di 34 provinsi, dengan 1.200 responden dan margin of error 2, 8%. Hasil survei ini disampaikan Peneliti LP3ES Erwan Halil, didampingi Direktur LP3ES Fajar Nursahid dan Prof. Firman Noor dari LIPI di Jakarta Pada Rabu ( 05/05/2021)

" Imbas ini juga terlihat pada elektabilitas tokoh kandidat capres. Elektabilitas Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mencapai 8, 8%, menjadikan AHY satu-satunya tokoh non pejabat publik yang masuk dalam lima besar tokoh nasional dengan elektabilitas tertinggi" Kata Fajar

Ia menyebutkan diatas AHY, elektabilitas tertinggi masih dipegang oleh Prabowo Subianto, Ketum Gerindra dan Menteri Pertahanan, dengan 16, 4%, disusul oleh Gubernur DKI Anies Baswedan dengan 12, 8%, lalu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 9, 6%. 

"Dibawah AHY adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 7, 5% serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, yang juga Waketum Gerindra, dengan 6, 2%." Imbuhnya 

Saat popularitas Ketua-ketua Umum partai politik di Senayan dibandingkan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berada di urutan pertama dengan 27, 6%, diikuti oleh Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarno Putri (23, 3%). Di luar dugaan, popularitas Ketua Umum PD AHY berada di posisi ketiga dengan 21, 5%, diikuti Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (6, 8%), dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (6, 1%).

Menurutnya Survei mengungkapkan alasan responden memilih parpol tertentu didorong oleh kebiasaan memilih partai tersebut (19, 8%), visi-misi dan program partai (9, 2%), peduli pada rakyat kecil (8, 3%). Sedangkan untuk alasan memilih tokoh sebagai calon Presiden, survei mengungkapkan faktor berani berada pada urutan pertama (9, 7%), diikuti oleh pengalaman (9, 3%), merakyat (7, 9%), cerdas dan memberi solusi (7, 5%) serta berwibawa (6, 1%).

" Saat kami menanyakan kepada responden, karakteristik politisi yang dianggap merakyat di mata pemilih, yang paling dominan adalah membela hak-hak rakyat di parlemen (34, 9%), sering melakukan dialog dengan masyarakat (26, 6%) dan sering berkumpul bersama masyarakat (21, 7%). Alasan ini pula yang tampaknya membuat Partai Demokrat melejit elektabilitasnya, mengingat AHY giat menyambangi konstituennya di daerah-daerah". Pungkasnya ( Fri )

JAKARTA BIGOR JABAR AHY
Feri

Feri

Previous Article

Puluhan Warga Cigolendang Sukabumi Keracunan...

Next Article

Pangandaran Regency Government Continue...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 242

Postingan Tahun ini: 1274

Registered: Feb 19, 2021

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 215

Postingan Tahun ini: 1335

Registered: Sep 22, 2020

salehwagidi

salehwagidi

Postingan Bulan ini: 144

Postingan Tahun ini: 260

Registered: Apr 16, 2021

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 141

Postingan Tahun ini: 764

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Widian.

Oknum Kepala Sekolah SD di Toraja Utara, Diduga Cabuli 3 Muridnya
Tak Pernah Pegang Kartu ATM, Bansos PKH Diduga Dicairkan Pengurus
Orang Tua Korban Pemukulan di Nagori Sihaporas Akui Buat Laporan Palsu Ke Polres Simalungun Karna Disuruh
Beredar Kabar Ombas Bakal Ubah RSUD Pongtiku, Yunus Garaga: Yang Penting  Sudah Milik Pemda
banner

Follow Us

Recommended Posts

Telat Bayar, Oknum Debt Colektor BFI Finance Kota Bogor Ancam Konsumen 
IKKPAS  Minta Ade Yasin Klarifikasi Pernyataannya Guna Meredam Polemik
Dua Lelang Proyek di Satker DPUPR Tanpa Nama Paket Pekerjaan Dipertanyakan
Akhirnya Jalan Berlubang Cemplang - Ciasmara Kab Bogor Diperbaiki 
Pimred Media Online di Simalungun Tewas Diduga Diterjang Peluru Orang Tak Dikenal